Kamis, 12 April 2012

UPAYA PEMERINTAH UNTUK MENGATASI MASALAH KEMISKINAN


UPAYA PEMERINTAH UNTUK MENGATASI MASALAH KEMISKINAN

Beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah kemiskinan diantaranya adalah:

1.      Menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga mengurangi penganguran. Karena pengangguran adalah salah satu penyebab kemiskinan terbesar di indonesia. Dengan adanya lapangan perkerjaan setidak nya masyarakat bisa mencari ataupun mendapatkan pekerjaan, sehingga dapat mengurangi pengangguran.

2.      Memberikan subsidi pada kebutuhan pokok manusia, sehingga setiap masyarakat menikmati makanan yang berkualitas. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya angka kesehatan masyarakat. dengan adanya kemiskinan maka masyarakat sulit untuk mendapatkan kebutuhan pokok salah satunya makanan yang berkualitas, sehingga dengan adanya bantuan subsidi masyarakat dapat mengurangi beban pengeluaran kebutuhannya.


3.      Menghapus korupsi. Korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya, hal inilah yang menjadikan masyarakat tidak bisa menikmati hak mereka sebagai warga negara sebagaimana mestinya. dengan adanya korupsi akan membawa dampak negative bagi masyarakat, dengan ini masyarakat sulit untuk mendapatkan haknya.

4.      Mendorong pertumbuhan yang berpihak pada rakyat miskin. Fokus program ini bertujuan mendorong terciptanya dan terfasilitasinya kesempatan berusaha yang lebih luas dan berkualitas bagi masyarakat/keluarga miskin. Beberapa program Mendorong pertumbuhan yang berpihak pada rakyat miskin yang berkenaan dengan ini antara lain:

• Pelatihan budaya, motivasi usaha dan teknis manajeman usaha mikro
• Fasilitasi sarana dan prasarana usaha mikro
• Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir
• Pengembangan usaha perikanan tangkap skala kecil
• Peningkatan akses informasi dan pelayanan pendampingan pemberdayaan dan ketahanan keluarga
• Percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah
• Peningkatan koordinasi penanggulangan kemiskinan berbasis kesempatan berusaha bagi masyarakat miskin.




5.      Menyempurnakan dan memperluas cakupan program pembangunan berbasis masyarakat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat di kawasan perdesaan dan perkotaan serta memperkuat penyediaan dukungan pengembangan kesempatan berusaha bagi penduduk miskin. Program yang berkaitan dengan fokus ketiga ini antara lain :

• Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di daerah perdesaan dan perkotaan
• Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah
• Program Pembangunan Daerah Tertinggal dan Khusus
• Penyempurnaan dan pemantapan program pembangunan berbasis masyarakat.


http://marx83.wordpress.com/2008/07/05/upaya-penanggulangan-kemiskinan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar